Monday, September 24, 2007

Masakan Spesial

Diposkan oleh ummina daffawwaz di 8:04 AM
Ramadhan Mubarak telah sampai di sepuluh hari kedua, semoga ampunan Allah senantiasa menyertai kita.

Aktivitas memasak adalah hal yang menyenangkan. Dari kecil Ummi suka membantu bude Joyo memasak di dapur. Bahkan sejak SD, Ummi sudah bisa menyiapkan sayur dan lauk pauk sederhana seperti sayur sop, sayur asem, tumis tempe tauco, dll. Trus waktu SMP, Ummi sudah bisa membuat soto.

Tapi berhubung Abi tidak mau Ummi menghabiskan waktu terlalu lama di dapur, alhasil menu harian yang disajikan ya standar-standar saja. Maklum Ummi kan juga tiap hari harus ngantor, kalau di rumah berlama-lama di dapur pasti si Abi protes. "Kasihan anak-anak", katanya.

Pas masuk bulan ramadhan begini, baru deh Abi merasa membutuhkan Ummi untuk masak menu sahur. Jadilah Ummi membuat masakan-masakan yang kalau dimasak orang lain, terasa kurang sreg di lidah Abi.

Contohnya rendang. Rendang yang Ummi buat adalah rendang spesial dengan komposisi daging 1 kilo dan cabe keriting yang biasanya 1-2 ons menjadi hanya 4 buah (spesial kan?). Atau balado udang dengan cabe cuma 2 buah, supaya tetep merah.. Ummi tambahkan tomat. Ini karena kami berdua memang paling sensitif dengan rasa pedas.

Mengingat ramadhan adalah bulan ibadah, maka Ummi nggak mau acara memasak menyebabkan banyak waktu tersita. Jadilah Ummi memasak rendang daging, rendang paru, kering kentang, lidah masak terik. Yah, yang awet-awet supaya memasaknya cuma seminggu sekali.

0 komentar:

 

sanifamily Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez