Tuesday, August 11, 2009

Makanan Halal

Diposkan oleh ummina daffawwaz di 9:49 AM
Setiap berbelanja Ummi selalu meneliti kemasan dan label makanan. Komposisi, tanggal kadaluarsa, produsen, dan yang paling penting adalah ada nggak ya label halalnya.

Seringkali kami tertarik pada suatu makanan, tapi kemudian mengurungkan niat untuk membeli karena pada kemasan makanan tersebut tidak ada tercantum label halal.

Ternyata kebiasaan ini menular pada Daffa dan Fawwaz. Setiap membeli jajanan, mereka menjadikan label halal sebagai suatu yang penting selain memang mereka tertarik karena rasanya. Ada beberapa kejadian yang membahagiakan ketika mereka mengungkapkan hal-hal yang membuat saya tahu bahwa mereka peduli tentang kehalalan suatu produk, meskipun dari sudut pandang anak-anak yang masih sederhana.

"Makanan yang nggak ada 'halalnya' kan nggak baik ya, Mi? Nggak sehat," celetuk Daffa
"Ummi, permen ini nggak ada 'halalnya' tapi di bungkus besarnya ada lho. Jadi aku boleh makan kan?" kata Fafaw.
"Ini kan nggak ada halalnya, kok dibeli sih?" tanya mereka suatu ketika.

Kadang-kadang kami terpaksa membuang makanan oleh-oleh dari kerabat atau kenalan "hanya" karena anak-anak tidak menemukan label halal pada makanan tersebut.

O, ya .. untuk produk-produk dalam negeri, rujukan saya adalah daftar produk halal MUI
Secara keseluruhan daftar ini sangat membantu saya, namun bukan tanpa kelemahan. Ada beberapa kategori yang hanya mencantumkan jenis produk dan produsen. Sementara kita lebih mengenal produk dan merek dibandingkan produsen (misalnya kita lebih mengenal Daily Bread daripada PT.Adirasa Selaras Abadi).

Untuk itu saya searching mengenai perusahaan-perusahaan sudah mendapatkan sertifikat halal, tetapi merek dagangnya tidak dicantumkan di daftar produk halal MUI tersebut. Berikut beberapa hasilnya:
1. PT.Adirasa Selaras Abadi : Daily Bread
2. PT.Ciptayasa Putra Mandiri : pastry Goldfrance
3. PT.Intimas Lestari Nusantara : Country Style
4. PT.Cipta Pangan Mulia : Marvin, Sitobely
5. Molfino Hnos, SA Argentina : keju nggak tau merek apa ajah
6. PT.Be Great International : frozen food Quick & Tasty
7. PT.Nippon Indosari : Sari Roti
8. PT.Saritama Food Processing : rerotian nggak tau mereknya
9. PT.Belinda Makmur Pratama : muacem-muacem dari roti, macaroni, pizza,-- tapi nggak tau mereknya apa
10. PT.Pangan Rahmat Buana : roti LeGitt

Keep trying ...

2 komentar:

Mirna Muska said...

Terima kasih informasinya ya, Ummi. Kebetulan saya juga sudah mulai memperkenalkan produk halal ke anak2. Ttg Daily Bread, kebetulan saya belum pernah menemukan Logo Halal di kedainya (Cibubur Junction). Sekilas saya lihat juga tidak ada sertifikat halal di dekat kasirnya (tempat biasanya sertifikat halal ditempel). Apakah Ummi sudah pernah melihat sertifikatnya ? Kalau sudah, kemungkinan besar kita segera 'menyerbu' Daily Bread nih, secara udah gak pernah lagi makan bakery2 enak gitu setelah BreadTalk tidak m'p'panjang sertifikat halalnya...:(..hiks..
Terima kasih sebelumnya ya, Ummi...

Salam kenal,
Mirna Muska

ummina daffawwaz on 9:03 AM said...

Dalam daftar produk halal MUI, produk-produk yang diproduksi oleh PT.Adirasa Selaras Abadi telah dinyatakan halal. Adapun rincian produknya adalah croissant, puff pastry, danish, savoury, filling sandwich, filling dry, pasta sauce, raw material, bread, dough, bun, pizza, pastries, cake, cookies frozen, base.

Nah, karena di dalam daftar produk halal MUI tersebut tidak mencantumkan merek dagang yang dipakai PT.Adirasa Selaras Abadi, maka saya coba searching mengenai perusahaan ini.

Kasusnya sama seperti pastry merek Goldfrance dan Sariroti. Dalam daftar produk halal MUI, yang tercantum hanya nama perusahaan dan daftar produk tanpa menyebut merek dagang.

Wallahu'alam

 

sanifamily Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez