Friday, October 16, 2009

Renovasi Pasar Mayestik

Diposkan oleh ummina daffawwaz di 11:34 AM
Lagi browsing, eh nemu berita tentang salah satu pasar favorite Ummi. Mudah-mudahan semua rencana terlaksana dan tidak ada pedagang tradisional yang didzalimi. Amiin


Jakarta/Detiknews - Peremajaan Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan menelan biaya hingga Rp 300 miliar. Rencananya, bangunan baru akan menjadi 9 lantai dari sebelumnya yang hanya 4 lantai dengan masa pembangunan 18 bulan.

Area pasar seluas sekitar 52.000 meter persegi tersebut saat ini dihuni 1.201 tempat usaha yang kontraknya dimiliki oleh 690 pedagang.

"Direncanakan, pasar Mayestik akan menjadi pasar tradisional yang mampu bersaing dengan pasar modern di ibukota. Pembangunan pasar akan menelan biaya sekitar Rp 300 miliar," kata Manager Humas PD Pasar Jaya, Nur Hafidz kepada detikcom, Jumat, (16/10/2009).

Pasar ini merupakan pasar yang cukup legendaris bagi masyarakat Jakarta. Pada era 80-an dan 90-an, Pasar Mayestik dikenal warga sebagai 'Tanah Abang'-nya Jakarta Selatan.

Menanggapi bangunan baru, para pedagang meminta agar nantinya tidak terdapat supermarket seperti Carrefour, Giant, atau Hypermart. Pada pasar yang baru akan terdapat sekitar 800 kios usaha yang akan diundi penempatannya bagi para pedagang.

"Kami jamin tak ada supermarket atau inter tenant. Peremajaan ini berdasar keputusan Direksi PD Pasar Jaya no 4268 tahun 1993 tentang batas waktu hak pemakaian tempat di pasar Mayestik, seluruh hak guna bangunan (HGB) di pasar itu berakhir pada 28 November 2004," tambahnya.

Saat pembangunan, pedagang akan di tampung penampungan sementara (TPS) di Jalan Tebah I dan Tebah II (200 meter dari gedung pasar) yang pembangunannya hampir rampung. Setelah pembangunan pasar Mayestik yang baru selesai, maka taman tersebut akan dibangun kembali. TPS tersebut saat ini telah dibangun dua tingkat dengan konstruksi baja dan kolom-kolom.

"Gedung lama kita robohkan. Lalu dibangun baru pada akhir tahun. Para pedagang lama akan mendapatkan prioritas dalam mendapatkan kios," pungkasnya.

0 komentar:

 

sanifamily Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez