Friday, July 17, 2009

Makanan Anak-Anak

Diposkan oleh ummina daffawwaz di 1:58 PM
Ngomong-ngomong soal makanan dan anak-anak, Ummi pernah mengalami masa-masa sulit saat Daffa berusia sekitar 2-3 tahun. Saat itu memang Daffa termasuk anak yang sulit makan. Bermacam-macam cara sudah kami lakukan untuk membuatnya doyan makan. Mulai dari memberi multivitamin, memberikan enzim-enzim tambahan, sampai membawanya ke dokter ahli pencernaan. Duh rasanya mau nangis setiap kali melihat tubuhnya yang kurus.

Browsing internet mengenai kesulitan makan pada balita menjadi hobby Ummi saat itu.

Sekarang coba Ummi tuliskan kembali apa yang Ummi lakukan dulu:
1. Memastikan bahwa kesulitan makan Daffa bukan diakibatkan maupun menyebabkan penyakit.
2. Menyadari bahwa kewajiban orang tua bukan memaksa anak makan, tapi menyediakan berbagai pilihan makanan sehat untuk anak. Dari berbagai pilihan yang variatif tersebut, kita catat/ingat-ingat jenis makanan, bumbu, cara penyajian yang paling disukai anak.
3. Membuat suasana makan menyenangkan
4. Makanan utama disajikan sebelum anak minum susu atau makan cemilan
5. Makanan utama tidak harus terpaku pada nasi, ada banyak makanan lain yang sehat. Tinggal kita ikuti pedoman piramida makanan
6. Apalagi ya ...

Alhamdulillah lambat laun Daffa sudah mulai doyan makan. Sekarang Ummi yang kadang geli sendiri, karena makanan-makanan pilihan Daffa dan Fafaw seringkali berbeda dengan makanan-makanan yang disukai anak-anak lain.

Kadang untuk bekal sekolah mereka memilih menu gado-gado atau tahu isi, sedangkan untuk makan siang mereka minta tempe goreng dan sayur godog (sayur labu/pepaya + kacang panjang bersantan teman makan ketupat). Hi hi hi, tua banget ya seleranya.

0 komentar:

 

sanifamily Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez